Header Ads

Airlangga; Indonesia Akan Fokus Penguatan Kemitraan Global

 


BANTENPERSPEKTIF.COM, POLITIK - Indonesia akan memfokuskan G20 pada penguatan multilateralisme dan kemitraan global yang efektif untuk memastikan keseimbangan kepentingan antar negara maju dan berkembang.

Demikian dikatakan Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Ekonomi saat press breafing dengan media asing secara virtual pada Jum'at (26/11) lalu. "Momentum penyelenggaraan G20 tahun 2022 akan kita manfaatkan untuk meningkatkan diplomasi ekonomi," kata Airlangga.

Dijelaskan Ketua Umum DPP Partai Golkar ini, hal ini dilakukan dengan menyusun comprehensive action plan untuk isu ekonomi serta kesehatan global pasca pandemi.

Dengan mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, forum G20 ini fokus pada penguatan kerja sama multilateral guna memastikan terjadinya keseimbangan dalam pertumbuhan ekonomi di setiap negara.

Ia sampaikan bahwa Indonesia akan memfokuskan G20 pada penguatan multilateralisme dan kemitraan global yang efektif untuk memastikan keseimbangan kepentingan antara negara maju dan berkembang.

"Maka dari itu, pada Presidensi G20 2022 yang akan dihelat secara resmi pada mulai 1 Desember 2021 ini, kita berharap dapat memberikan banyak keuntungan bagi negara kita," kata Airlangga Hartarto.

Ditambahkan Airlangga, sebagai perwakilan dari negara berkembang, kita juga akan mendorong keseimbangan isu-isu negara maju dan berkembang dalam pembahasan isu strategis KTT G20. (rls/kar)
Diberdayakan oleh Blogger.