Header Ads

Andika Hazrumy; Pemprov Banten Berhasil Menekan Angka Pengangguran

 


BANTENPERSPEKTIF.COM, EKONOMI - Pandemi Covid-19 telah membuat perekonomian dunia terpuruk sangat dalam. Banyak rumah tangga, termasuk di Banten kehilangan pendapatan sebagai akibat dari berhenti kerja atau adanya pengurangan kegiatan industri.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy membuka Unpam Hybrid Job Fair 2021 yang digelar di Kampus Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (23/11). Menurut Andika, jika angka pengangguran di Banten, sebagaimana juga terjadi di daerah lainnya mengalami kenaikan dalam setiap periode waktunya sejak pandemi Covid-19 menyerang sekitar dua tahun lalu. 

Meski begitu, kata Andika, dengan berkolaborasi bersama pemerintah kabupaten dan kota, Pemprov Banten telah berhasil mengeliminasi kenaikan angka pengangguran tersebut agar tidak sampai mencapai angka yang maksimal dalam setiap periode waktunya.

Menurut Andika, hal itu terbukti dengan telah kembali meningkatnya angka pertumbuhan ekonomi Banten ke angka 8 pada triwulan kedua tahun 2021 lalu. "Sebelumnya angka pertumbuhan ekonomi kita sempat terkontraksi di angka 3 koma sekian. Alhamdulillah sekarang bahkan sudah melampaui angka rata-rata nasional yang berkisar di angka 7," katanya.

Lebih jauh Andika menyebut, persoalan penyerapan tenaga kerja di Banten juya tidak mudah dalam pengaplikasiannya. Hal itu, lanjutnya disebabkan oleh Provinsi Banten menjadi salah satu daerah tujuan pencari kerja bagi calon tenaga kerja asal luar Banten.

Dalam kesempatan itu, Andika mengapresiasi kegiatan job fair tersebut dan menyebutnya sebagai pertanda perekonomian kembali menggeliat sejak pandemi Covid-19 menghantam dunia, termasuk Indonesia.

"Pemerintah Provinsi Banten mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Universitas Pamulang yang telah menginisiasi kegiatan Job Fair ini. Pemerintah Provinsi Banten berharap pelaksanaan kegiatan pada hari ini secara berkesinambungan akan berkontribusi terhadap pengurangan angka pengangguran" kata Andika. (rls/kar)

Diberdayakan oleh Blogger.