Header Ads

Foto Calon Kades Diganti Personel Boyband BTS

 


BANTENPERSPEKTIF.COM, KAB.SERANG - Proses penghitungan suara suara Pemilihan Kepala Desa di TPS 5 Desa Mekar Baru, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Banten, diramaikan adanya foto personel boyband asal Korea Selatan, BTS. Berdasarkan foto yang diterima Kompas.com, terdapat tiga foto personel BTS di surat suara yang ditempel oleh pemilih.

Pemilih yang sudah mempersiapkan foto personel BTS itu menempelkan foto di calon nomor urut 1 Tb Muzakar ditempel foto Park Jimin. Kemudian, foto nomor urut 3 Abdul Hamid diganti foto Jeon Jungkook dan nomor urut 4 Mustahiq diganti foto Min Yoongi (Saga).

Sedangkan calon nomor urut dua Asep Rupawan tidak ditimpa oleh foto personel BTS. Tak hanya foto, pemilih juga menuliskan sebuah pesan di surat suara dengan tulisan menggunakan pulpen.  "Bapak/Ibu Panitia Saya nitip suami second", demikian tulisan si pemilih.

Surat suara tidak sah Camat Petir Asep Herdiana saat dikonfirmasi Kompas.com membenarkan adanya surat suara yang viral di media sosial karena ada foto personel boyband Korea Selatan. 

Adapun kejadian itu di TPS 05 yang berlokasi di SDN 1 Petir. "Surat suara ketemu pada saat penghitungan suara pada hari Minggu kemarin, saat dibuka petugas KPPS 5. Petugas kaget ada foto boyband yang ditempel di calon nomor 1, 3, dan 4," kata Asep saat dihubungi. Rabu (3/11/2021). 

Alhasil, surat suara tersebut berdasarkan hasil keputusan dari saksi dari para calon dan panitia KPPS ditetapkan tidak sah. "Surat suara tersebut tidak sah dan para saksi menyetujuinya," ujar Asep.

Berdasarkan hasil penghitungan di TPS 05, calon kepala desa nomor urut tiga Abdul Hamid menang. Bahkan, Abdul Hamid dinyatakan menang berdasarkan hasil rekapitulasi. 

"Di Desa Mekar Baru itu yang menang nomor urut 3, Pak Abdul Ahmid. Dia menang jauh, menang telak. Sedangkan nomor urut 2 itu calon petahana," kata Asep. Menurut keterangan dari warga yang menyaksikan penghitungan, terdapat rambut panjang di surat suara tersebut. 

Diduga pemilih yang sudah mempersilakan foto dari rumah sebelum mencoblos itu berjenis kelamin wanita. "Kata warga ada rambut panjang, kayaknya pemilih wanita yang nempelin itu. Saya juga enggak tahu maksudnya apa, pesan itu juga saya enggak paham," tandas Asep. (Kompas.Com)


Diberdayakan oleh Blogger.