Header Ads

BMKG Rilis Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Banten

 


BANTENPERSPEKTIF.COM, PERISTIWA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait adanya gelombang tinggi di sejumlah wilayah Indonesia termasuk di Provinsi Banten.

Dalam press releasenya BMKG menerangkan bahwa pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat ke utara dengan kecepatan angin kisaran 5 hingga 30 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan angin berkisar 8 hingga 30 knot. Kecepatan tertinggi terpantau oleh BMKG terjadi di Perairan Banten, Selat Sunda, Perairan Selatan Jawa Barat, Laut Sulawesi, Perairan Sulawesi Utara dan Laut Maluku.

Ketinggian gelombang di Perairan Banten sendiri diperkirakan oleh BMKG antara 2,5 meter hingga 4 meter. Untuk itu BMKG pun menghimbau kepada warga khususnya yang tinggal dan beraktivitas di sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi untuk waspada.

Peringatan dini gelombang tinggi merupakan informasi prakiraan gelombang untuk 2 hari ke depan yang akan diinformasikan jika terjadi gelombang tinggi lebih dari 1.25 meter dan bertahan selama 12 jam ke depan di sekitar perairan Indonesia dan berlaku maksimal 2 hari sejak dikeluarkan dan diperbaharui setiap ada perubahan dan sebelum masa berlakunya habis.

Himbauan ini berlaku sejak 7 Desember hingga 8 Desember 2021 pukul 07.00 WIB. Pada bagian lain, Senin (6/12/2021) malam air laut di sejumlah objek wisata Anyer Kabupaten Serang tumpah ke jalan raya. Warga sekitar lokasi pun sejak semalam berjaga - jaga dan waspada. (rls/kar)

Diberdayakan oleh Blogger.