Header Ads

Gubernur Banten Resmikan Jembatan Bogeg di Kota Serang


BANTENPERSPEKTIF.COM, INFRASTRUKTUR - Jembatan paling keren di Provinsi Banten yang dibangun Pemerintah Provinsi Banten yaitu Jembatan Bogeg di Kelurahan Banjaragung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang resmi dibuka hari ini (Rabu, 22/12/2021).

Peresmiannya sendiri dihadiri langsung Gubernur Banten, Wahidin Halim. Gubernur Banten Wahidin Halim pagi tadi Rabu (22/12) membuka lalu lintas (open traffic) Jembatan Bogeg di ruas Jl. Syeh Nawawi Al-Bantani Kelurahan Banjaragung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang.

“Mulai hari ini, Jembatan Bogeg bisa dimanfaatkan untuk mendukung sarana transportasi masyarakat, memperlancar mobilitas serta arus barang sekaligus mendukung pemulihan ekonomi di wilayah Provinsi Banten,” ungkap gubernur yang akrab dipanggil WH itu

“Silakan menikmati hasil pembangunan, jembatan ini dibiayai dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat. Jembatan ini in syaa Allah kuat hingga 50 tahun dan rencananya akan diresmikan pada Januari Tahun 2022.” lanjutnya.

Sebagai informasi, sebelum dibuka, jembatan ini sudah melalui uji muat 12 truk tronton muatan penuh sekitar 400 ton atau 70% dari kapasitas beban muatan jembatan. Selain itu lalu lintas bisa dua arah dan open traffic ini dilakukan juga untuk menguji kekuatan jembatan yang saat ini proses pengerjaan sudah mencapai 79,6%.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten Arlan Marzan menyatakan bahwa dengan dibukanya lalu lintas di Jembatan Bogeg yang baru ini, akses jembatan yang lama ditutup karena akan dilakukan proses pembongkaran.

Untuk proyek ini Pemprov Banten mengalokasikan anggaran pembangunan hingga Rp 165 miliar dari APBD Tahun 2021. Dengan konstruksi steel box, yang memiliki panjang 78 meter dan lebar 33,8 meter untuk 8 lajur kendaraan. Masing-masing arah terdapat 4 lajur kendaraan.

Asal tahu saja, Jembatan Bogeg merupakan jembatan strategis karena menghubungkan ke sejumlah titik, diantaranya ke Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Kampus Untirta Pakupatan, Terminal Pakupatan, Jalan Nasional Serang - Jakarta dan sejumlah perkantoran. (rls/kar)

Diberdayakan oleh Blogger.