Header Ads

KNPI Kota Cirebon Siap Kolaborasi

 


BANTENPERSPEKTIF,COM, CIREBON - Dalam rangka menghimpun ide, gagasan dan sebagai rumah besar para pemuda Kota Cirebon untuk berkolaborasi dengan semua pihak, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Cirebon menyusun program kerja melalui kegiatan orientasi dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Gedung Pemuda Kompleks Perkantoran Bima Kota Cirebon, Sabtu (4/12).

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh unsur kepemudaan yang ada di Kota Cirebon dengan mengusung tema "Menumbuhkan Potensi Pemuda untuk Mewujudkan Kota Cirebon Sehati". Rakerda juga diikuti oleh Ketua dan pengurus DPD KNPI Jawa Barat, semua pengurus, para Ketua DPK serta seluruh ketua OKP se-Kota Cirebon,  dimana Rakerda dibuka langsung oleh Wakil Walikota Cirebon.

Dalam sambutannya, Ketua DPD KNPI Kota Cirebon, R Jarum menyampaikan bahwa pada Rakerda ini, akan dirumuskan program-program yang akan menjadi target DPD KNPI Kota Cirebon.

"Rakerda ini adalah awal perjalanan organisasi, Rakerda ini akan melahirkan program-program kerja kita dalam membangun kepemudaan di Kota Cirebon," ungkap Jarum.

Jarum mengakui, KNPI tidak bisa berjalan sendiri, ia pun mengajak semua elemen kepemudaan untuk ikut bersama KNPI membantu pemerintah mensukseskan pembangunan daerah.

"Mohon arahan dan bimbingan dari semua pihak, mari kita sukseskan pembangunan di Kota Cirebon," kata Jarum.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Jawa Barat, Ridwansyah Yusuf Achmad mengungkapkan, dibawah ketua yang baru, DPD KNPI Kota Cirebon mencoba untuk bangkit dengam berbagai tantangan kepemudaan saat ini.

Pasalnya, kata Ridwansyah, dengan hadirnya KNPI, agenda-agenda pembangunan kepemudaan bisa berjalan dengan lebih baik. "Ini menjadi tantangan, jangan sampai disia-siakan," ungkap Yusuf.

Berbicara mengenai kepemudaan, lanjut dia, di Jawa Barat masih banyak pemuda yang belum bisa menikmati pendidikan, sehingga angka Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) masih harus terus didorong naik.

"KNPI harus hadir disitu. Kepentingan masyarakat, khususnya pemuda harus bisa dijembatani," lanjut Yusuf.

Tak hanya di sektor pendidikan, kata Ridwansyah, KNPI juga harus hadir membantu pemerintah dalam menyelesaikan isu-isu kesehatan, termasuk dalam hal mempersiapkan para pemuda untuk bisa menjadi penerus di semua sektor.

Ditekankan Ridwansyah, KNPI harus bisa menjadi rumah bagi para pemuda di Kota Cirebon, sehingga kaderisasi kepemudaan bisa berjalan dengan baik, dan gagasan-gagasan pembangunan bisa muncul dari para pemuda.

"Di kesehatan, pemuda harus bisa mendorong percepatan vaksinasi, KNPI harus bisa menghasilkan SDM-SDM terbaik untuk disalurkan di dunia kerja, latih caleg-caleg yang berkualitas untuk mengisi pos-pos politik di Kota Cirebon, termasuk melahirkan birokrat-birokrat muda," kata Yusuf.

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati mengharapkan, Rakerda yang dilaksanakan oleh KNPI bisa melahirkan rumusan-rumusan serta program kepemudaan yang sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Cirebon.

Terlebih saat ini, kata Eti, target pembangunan di Kota Cirebon terhambat karena pandemi, sehingga di tahun yang tersisa, Pemkot, termasuk pemuda yang harus ikut didalamnya, harus melakukan percepatan-percepatan pembangunan.

"Saya berharap KNPI terus hadir bersama kami Pemkot Cirebon, manfaatkan bonus demografi, karena pembangunan kita sudah tertunda dua tahun, maka dari itu kita harus bangkit. Bangun komunikasi yang baik dengan semua OKP, agar gerakan pemuda bisa lebih masif," pesan Eti.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Eti Herawati, Ketua DPD KNPI Jabar Ridwansyah Yusuf Ahmad, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Asep Gandana, Kesbangpol dan Forkopimda terkait, (rls/kar)

Diberdayakan oleh Blogger.