Header Ads

Puan Prihatin Atas Naiknya Harga Bahan Makanan Pokok Jelang Tahun Baru


BANTENPERSPEKTIF.COM, POLITIK - Wakil Ketua DPR RI, Puan Maharani menuturkan jika dirinya merasa prihatin atas kenaikan harga sejumlah bahan makanan pokok dimasa menjelang tahun baru.

Rasa keprihatinan Puan disampaikan melalui sosial media instagram pribadinya. "Menjelang akhir tahun, naiknya harga sejumlah bahan pangan pokok membuat saya prihatin. Situasi semacam ini tentu sangat menyulitkan masyarakat," kata Puan.

Menurutnya, bahan pangan pokok seperti minyak goreng, cabai, bawang dan telur ayam harganya naik melebihi akhir tahun sebelumnya. Hal ini tentu akan berdampak kepada masyarakat. Pemerintah perlu segera melakukan langkah-langkah bijak untuk mengendalikan harga bahan pangan pokok di akhir tahun ini.

Untuk itu, kata dia, perlu ada sinergi kebijakan antar sektor baik dari sisi hulu maupun hilir, dari sektor produksi dan perdagangan. Saya mendorong pemerintah untuk senantiasa mengontrol hal ini, demi kepentingan rakyat.

Sebelumnya Puan sempat mengunjungi petani bawang merah di Desa Mojorembun, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Tidak hanya itu, saya juga ikut serta menanam bawang merah bersama para petani.

Desa Mojorembun sendiri merupakan desa sentra penghasil bawang merah dengan kualitas tinggi. Kita harus berbangga karena kualitas bawang merah di Indonesia merupakan bawang merah dengan kualitas unggul. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, produksi bawang merah di Indonesia mencapai 1,82 juta ton pada 2020 dengan nilai ekspor mencapai US$ 13,74 juta pada 2020. (rls/kar)

Diberdayakan oleh Blogger.